10 Fadhilah Surat Yasin : Diampuni Dan Dilapangkan Rezeki

Surat Yasin mempunyai banyak manfaat yang terkandung di dalamnya. Biasanya surat ini dibaca pada hari Jumat. Namun, Yasin tidak hanya baik di hari besar umat Islam itu, melainkan juga bisa dibaca kapan saja. Surat Yasin yang merupakan surat ke-36 dalam Al Quran ini baik dibaca untuk banyak hal, di antaranya untuk mengungkap rasa syukur hingga berharap kebaikan darinya.

Surat Yasin paling sering dibaca ketika ada seseorang yang meninggal dunia. Gunanya untuk mengharap husnul khatimah (akhir yang baik) bagi si mayit. Surat ini diturunkan di Kota Makkah sebelum Nabi Muhammad SAW berhijrah ke Kota Madinah. Untuk itu, surat Yasin tergolong dalam surat Makkiyah. Surat penuh berkah ini punya tiga pokok yang terkandung di dalamnya, yaitu berisi tentang penguatan iman kepada hari kebangkitan, kisah terkait orang-orang terdahulu yang hidup di desa, serta dalil-dalil tentang keesaan Allah SWT.

Ada sebuah hadits yang menyebutkan bahwa “Yasin lima quriat lahu”, artinya surat Yasin dibaca sesuai niat si pembaca. Yasin dapat dibaca saat kita mengharap rezeki Tuhan, meminta sembuh dari penyakit, menghadap ujian, mencari jodoh, dan lain-lain.

 

Dalil Tentang Fadhilah Surat Yasin

Manfaat dari membaca surat yasin sangatlah banyak. mengutip dari hadist Nabi Saw yang berbunyi :

وفي الحديث : “إنَّ فِي الْقُرْآنِ لَسُوْرةٌ تَشْفَعُ لِقَارِئِها وَيَغْفِرُ لِسَامِعِهَا تُدْعَى فِي التوراةِ الْمُعِمَّةَ” قيل : يا رسولَ اللهِ وَمَا الْمُعِمَّة؟ قال : “تَعمُّ صاحِبَها بِخيْرِ الدَّارَيْنِ وَتدْفَعُ عنْهُ أهَاوِيْلَ الآخِرةِ وَتُدْعَى الدَّافعَةَ والقَاضِيَةَ” قيل : يا رسول الله وكَيْفَ ذَلِكَ؟ قال : “تدفَعُ عَنْ صاحِبِهَا كُلَّ سُوْءٍ وتَقْضِي لَهُ كُلَّ حَاجةٍ”

Artinya: Dalam Hadits disebutkan “sesungguhnya di dalam Al Quran terdapat suatu surat yang dapat memberi syafaat bagi pembacanya, memberi ampunan bagi yang mendengarnya, nama surat tersebut dalam Kitab Taurot disebut ‘Al Mu’immah’. Lalu ditanyakanlah wahai Rasululloh apa ‘Al Mu’immah’ itu? Rasululloh menjawabnya disebut Al-Mu’immah karena ia dapat melimpahkan kepada pembacanya kebaikan dunia dan akhirat. dapat menolak semua kejahatan, bencana, dan kesedihan akhirat. Disebut juga ‘Ad-dafi’ah wal qodhiyah’ Lalu ditanyakanlah bagaimana bisa begitu wahai Rasululloh? Ia menjawabnya karena surat yasin ini dapat menolak bagi pembacanya dari semua kejahatan, dan juga dapat memenuhi semua keperluannya.

Dalam hadist lain juga dikatakan :

وفي الحديث : مَنْ قَرأَهَا عَدَلَتْ لَهُ عِشْرِيْنَ حَجَّةً وَمَنْ سَمِعَهَا كانَ لَهُ ثَوَابُ صَدَقَةِ أَلْفِ دِيْنَارٍ فِيْ سَبِيْلِ اللهِ وَمَنْ كَتَبَهَا ثُمَّ شَرِبَهَا أُدْخِلَتْ جَوْفَهُ أَلْفُ دَوَاءٍ وألْفُ نُوْرٍ وَأَلْفُ بَرَكَةٍ وَأَلْفُ رَحْمَةٍ وَنُزِعَ مِنْهُ كُلُّ دَاءٍ وَغلٍّ

Artinya: Dalam Hadits disebutkan “Barang siapa yang membaca surat Yasin maka baginya mendapatkan pahala yang setara dengan haji 20 kali. Dan barang siapa yang mendengarkannya maka baginya pahala yang setara sodaqoh 1000 Dinar untuk jalan Alloh. Dan barang siapa menulisnya lalu meminumnya maka dimaskkanlah dalam dirinya 1000 obat, 1000 nur, 1000 berkah, 1000 rahmat dan dilepaskanlah darinya seluruh penyakit dan kedengkian.

Dalam riwayat yang lain juga disebutkan :

وفي الحديث “من قرأ سورة يس في لَيْلَة أَصْبَحَ مَغْفُوْراً لَهُ

Artinya: Dalam Hadits disebutkan “Barang siapa yang membaca surat Yasin pada malam hari, niscaya pada pagi harinya dia telah diampuni dosanya.

وفي الحديث “: ﺇِﻥَّ ﻟِﻜُﻞِّ ﺷَﻲْﺀٍ ﻗَﻠْﺒﺎً , ﻭ ﻗَﻠْﺐ ﺍْﻟﻘُﺮْﺁﻥِ ﻳﺲ , “مَنْ قَرَأَهَا يُريد بها وجه الله غفر الله له وأعطى من الأجر كأنما قرأ القرآن ثنتين وعشرين مرة وأيما مسلم قرىء عنده إذا نزل به ملك الموت يس نزل بكل حرف منها عشرة أملاك يقومون بين يديه صفوفاً يصلون عليه ويستغفرون له ويشهدون غسله ويتبعون جنازته ويصلون عليه ويشهدون دفنه وأيما مسلم قرأ يس وهو في سكراته لم يقبض ملك الموت روحه حتى يجيئه رضوان بشربة من الجنة يشربها وهو على فراشه ويقبض روحه وهو ريان ويمكث في قبره وهو ريان ولا يحتاج إلى حوض من حياض الأنبياء حتى يدخل الجنة وهو ريان

Artinya: Dalam Hadits disebutkan Rasulullah Saw telah bersabda, “Sesungguhnya segala sesuatu mempunyai hati, sedangkan hatinya Al-Quran adalah surat Yasin. “Barangsiapa yang membaca surat Yasin karena Allah Azza wa Jalla, maka Allah akan mengampuni dosanya dan memberinya pahala seperti membaca Al-Qur’an 22 kali.

Jika surat Yasin dibacakan di dekat orang islam yang akan meninggal dunia, maka Allah menurunkan untuknya setiap satu huruf sepuluh malaikat. Para malaikat itu berdiri dan berbaris di depannya, memohonkan ampunan untuknya, menyaksikan saat ruhnya dicabut, mengantarkan jezanahnya, bershalawat untuknya, menyaksikan saat penguburannya. Jika surat ini dibacakan saat sakaratul maut atau menjelang sakaratul maut, maka tidak akan dicabut nyawanya selagi ia belum didatangi malaikat Ridwan penjaga surga dengan membawa minuman dari surga, kemudian meminumkan padanya saat ia masih berada di ranjangnya, setelah minum ia mati dalam keadaan tidak haus, sehingga ia tidak membutuhkan telaga para nabi sampai masuk ke surga dalam keadaan tidak haus.”

10 Keutamaan Dan Fadhilah Surat Yasin :

  1. Untuk mati syahid

Seseorang dapat dikatakan mati syahid jika membaca surat yasin satu kali maka dapat dinilai sama seperti membaca Alqur’an sampai selesai sebanyak sepuluh kali , dan barang siapa yang membiasakan dirinya untuk membacanya setiap malam setelah sholat malam sampai mati.

Sesuai dengan hadits yang menyatakan bahwa “Barang siapa yang membiasakan membaca yasin setiap malam maka tanpa terduga dia menemui ajalnya, maka matinya dalam keadaan syahid.” (HR.At- thobromi 7217 dari pernyataan Anas bin malik)”

2. Agar apa yang kita inginkan berhasil

Supaya selalu sukses didalam pekerjaan yang diinginkan bisa dilakukan dengan cara membaca surat yasin dirumah sebanyak 25 kali. termasuk keinginan untuk bisa bekerja sama dibidang bisnis besar dengan orang orang yang mempunyai kekuasaan atau orang orang yang bekerja dalam skala internasional.

Sesuai dengan hadits yang menyatakan bahwa: “Barang siapa yang membaca surat yasin dari pagi hai, maka pekerjaan dihari itu dimudahkan dengan keberhasilan, dan jika membacanya diakhir suatu hari  maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga.” (Sunaan daarimi juz 2 halaman 549)”

3. Untuk ketenangan bathin

Jika rajin berzikir lalu diimbangi dengan membaca surat yasin pada pagi hari seseorang akan mendapatkan ketenangan batin sampai sore hari namun jika membiasakan diri untuk membacanya pada sore hari maka akan diberikan allah SWT kebahagiaan dan ketenangan sampai keresokan harinya.

Sesuai dengan Firman Allah ta’ala bahwa “Ketahuilah hanya dengahn berzikir dan membaca surah yasin semata mata karena Allah SWT, maka hati menjadi tenang.” (Ar-ra’ad :28)”

4. Agar terhindar dari siksa kubur

Mayat akan terhindar dari siksa kubur ketika membaca surat yasin kemakam seseorang dengan cara pembacaan yang tenang, ikhlas dan mendioakan pula bagi si mayat agar diampuni segala dosa dan kesalahannya ketika masih hidup.

Sesuai dengan hadits yang menyatakan bahwa “Barang siap yang mengunjungi makam seseorang dan membacakan surat yasin maka pada hari itu allah SWT meringankan siksa kubur mereka dan diberikannya kebaikan bagi sejumlah penghuni kubur diperkuburan itu.” (Tafsir Nur ats-tsagalayn 4/373)”

5. Mempermudah keluarnya ruh pada orang yang akan wafat

Jika dibacakan untuk orang yang akan wafat maka nyawanya tetap akan ada belum tercabut sampai datangnya malaikat ridwan untuk membawa ketenangan menjelang sakaratul maut. Kejaiban Surat yasin juga dapat mempermudah seseorang wafat dengan cepat, ikhlas  dan tidak mengalami masalah.

Sesuai dengan hadits yang menyatakan bahwa “disunnahkan membaca surat yasin disamping seseorang yang sedang menghadapi .kematian.” (Al – Majmu’syaih Al muhadzdzab 5 /76 Dar’alim alkitab)”

Sesuai juga dengahna hadits “Membaca surat yasin disisinya mayat akan menurunkan banyak rahmat dan berkah dan memudahkan keluarnya ruh .” (Tafsir alqur’an Al-azhim 6/562 daran nassyr wat tauzi )”

6. Memudahkan hajat dipermudah jodoh

Membaca surat yasin setelah selesai melakukan sholat 5 waktu maka permohonan untuk mendapatkan jodoh atau pasangan yang baik  dipermudah jalannya oleh Allah SWT dan penuh berkah pada akhirnya.

Sesuai dengan hadits :” Barang siapa yang membaca surat yasin sepenuhnya dan saat mencapai pada ayat 58 surat yasin tersebut diulang sebanyak 7 kali maka allah SWT akan mempermudah dan mengabulkan hajatnya.”

7. Menyembuhkan penyakit hati

Dapat melunturkan dan menyembuhkan penyakit hati termasuk iri, dengki, benci , menggunjing keburukan orang lain , bisik bisik membicarakan kejelekan orang lain , menyebarkan fitnah dan lain lain sehingga hidup seseorang selalu berada pada jalan yang benar . 

Sesuai dengan firman allah yang diperuntukan bagi orang orang yang ingin selalu berada pada jalan kebenaran Apabila hamba hambaku bertanya tentang aku  maka jawablah mereka dekat denganku. Aku mengabulkan permohonann apabila ia memohon kepadaku. maka hendaklah mereka memenuhi (segala perintahku) dan hendaknya mereka beriman kepadaku agar mereka selalu hidup dalam jalan kebenaran.”( QS. Al- baqarah :186)”

8. Agar diampuni segala dosa

Membaca surat yasin sesering mungkin dimalam hari dengan tulus dengan harapan diampuni segala dosa dan kesalahan kita, maka Allah SWT akan membukakan pintu maaf seluas lautan dan selebar angkasa raya.

Sesuai dengan hadits yang menyatakan: “Barang siapa yang membaca surat yakin setiap malam secar terus menerus maka dia akan diampuni.” (Al-baihagy dalam syi’rabil dengan kanzul- Umai Juz 1 sampai 2625)”

9. Melindungi dari kejahatan

Membaca surat yasin setiap hari dapat menolak kejahatan yang sedang akan terjadi misalnya akan terjadi perampokan, kemalingan, atau penipuan. Allah SWT aakn melindungi dari kejahatan tersebut dengan caranya yang tidak kita ketahui.

10. Menentramkan hati dari rasa cemas

Membaca surat yasin merupakan cara agar hati tenang. menentramkan jiwa  dan mengusir rasa cemas dan takut terhadap sesuatu yang tidak terlihat atau dapat menghalau rasa takut pada kekejaman penguasa yang zolim.

Sesuai dengan Firman Allah SWT bahwa “Orang orang yang beriman hati mereka akan tenteram dengan mengingatb allah SWT . ingatlah hanya dengan mengingatnya maka hati menjadi tenteram.”(QS. Ar-ra’du :28)”

Leave a Comment